Webinar Internasional Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya Hadirkan Pembicara dari Monash University dan UI: Moderasi Beragama dan Pembaruan Hukum Islam

Fakultas Syariah Gelar Webinar Internasional, Hadirkan Pembicara dari Monash University dan Universitas Indonesia Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya menggelar kegiatan Webinar Internasional dengan tema 'Religious Moderation and Renewal of Islamic Law' pada Tahun 2021. Dilaksanakan secara daring, kegiatan Webinar Internasional ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Syariah, peserta lain bahkan berasal dari berbagai kalangan seperti perwakilan dari STAIN AL Fithrah Surabaya, Universitas Palangka Raya, KPU Kota Palangka Raya dan Kapuas, Perwakilan DPRD Kota Palangka Raya, Pengawas Kemenag Kapuas, dan kelompok guru Pendidikan Agama Islam di Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Bpk. Prof. Dr. Nadirsyah Hosen dari Monash University, Australia dan Bpk. Dr. M. Kholid Syeirazi, M.Si., dari Universitas Indonesia. Bpk. Prof. Dr. Nadirsyah Hosen menekankan bahwa pemahaman mengenai moderasi beragama tidak sekadar hanya dengan tujuan untuk tampil beda atau tampil kekinian, melainkan ada mesti memiliki ilmu serta pengetahuan terkait hal tersebut. Sehingga nilai-nilai yang diharapkan sesuai dengan Maqashid Syariah. Bpk. Dr. M. Kholid Syeirazi, M.Si., menyampaikan bahwa pembaharuan dalam hukum Islam yang perlu mendapatkan perhatian adalah pembaharuan fikih politik. Serta bahwa nation-state perlu menjadi illat dalam pembaharuan hukumIslam sebagai manifestasi Nashbul imamah, dengan menerapkan prinsip muwathanah, yakni kesetaraan tanpa diskriminatif.









Komentar