Pengabdian Kolaboratif Dosen-Mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara

Sebagai bentuk komitmen Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, terutama dalam aspek Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Masyarakat di-launching dengan tema "Penggunaan IT yang bijak untuk merawat persaudaraan dan mencegah disintegrasi" pada Sabtu, 2 November 2019. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa prodi HTN dengan memberikan penyuluhan kepada komunitas pengajian ibu-ibu Langgar Haqqul Yaqin, Palangka Raya. Diadakan tiap minggu selama November - Desember, pengabdian ini mendapat respon dan disikapi secara antusias oleh ibu-ibu peserta pengajian. Melalui kegiatan ini, mahasiswa juga diharapkan memahami tugas sebagai pengabdi dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan.


Dalam kesempatan terpisah, Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya, Dr. H. Abdul Helim, M.Ag, sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Beliau berharap mahasiswa dan dosen dapat meningkatkan upaya untuk terus memberikan kontribusi keilmuan kepada masyarakat. "Harapannya adalah luaran dari kegiatan ini tidak terputus dan dapat berlanjut hingga publikasi pada Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat atau yang sejenis", pesan beliau.
Pada giat terakhir, Sabtu, 7 Desember 2019, kegiatan ini dihadiri hampir 60 orang ibu-ibu pengajian dengan tema materi "Dampak dan Pengaruh Gadget bagi Anak". Disampaikan bahwa dampak positif dan negatif dari gawai (gadget), seperti ponsel pintar(smartphone), tablet, dan sebagainya, harus dikaji dan disaring oleh para orang tua terlebih dulu dan perlu ditanamkan pada anak-anak bahwa penggunaan gadget perlu disikapi dengan bijak, tidak berlebihan, dan lebih banyak digunakan sebagai sarana edukasi. Dikutip dari salah satu peserta kegiatan pengabdian, Siti Nirwana, S.Pd.I, kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi ibu-ibu dan menarik karena turut disampaikan oleh para mahasiswa."Semoga kegiatan yang penuh nilai positif ini dapat kembali dilanjutkan ke depannya", harap beliau.




Komentar