Luar Biasa!! Fakultas Syariah Perdana Mengadakan Pelatihan Legal Drafting

Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya mengadakan Pelatihan Legal Drafting pada Kamis, 21 November 2019 bertempat di Aula Fakultas Syariah Lt. 3 Gedung Triple Tower. Acara ini diikuti oleh 80 peserta mahasiswa/i prodi Hukum Tata Negara yang terdiri dari 2 angkatan, yaitu 2017 dan 2018. Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan mahasiswa/i memahami dasar-dasar dalam merancang dan merumuskan produk peraturan dan hukum. 
Kegiatan Pelatihan Legal Drafting menghadirkan 2 narasumber dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Agustina Dayaleluni, SH, MH dan Doaa Risma Diputra M., SH. Materi yang disampaikan adalah mengenai dasar-dasar penyusunan produk hukum dan teknik penyusunan peraturan daerah (Perda). Materi yang disampaikan mendapat atensi yang baik dari mahasiswa dibuktikan dengan aktifnya diskusi yang berjalan antara narasumber dan mahasiswa/i peserta pelatihan.

Melalui pelatihan ini, Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Abdul Helim, M.Ag, berpesan kepada mahasiswa/i agar aktif dan antusias menimba ilmu dan banyak pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan ilmu ketatanegaraan.
"Pelatihan ini untuk menunjang kemampuan mahasiswa/i ke depannya sebagai calon lulusan dengan kemampuan legal drafter (perancang peraturan perundang-undangan)", harap beliau.
Di kesempatan yang sama, kedua narasumber menyampaikan bahwa legal drafter merupakan profesi yang unik karena sistem birokrasi di Indonesia memiliki dinamika yang berbeda, tiap daerah dan masyarakat memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam sehingga diperlukan aturan dan regulasi hukum yang mewadahi aspek-aspek tersebut. Keduanya berharap bahwa pelatihan ini perlu diintensifkan di waktu mendatang agar mahasiswa/i memiliki kemampuan lebih luas dalam. Pelatihan ini juga menunjukkan bahwa Fakultas Syariah memiliki komitmen yang kuat untuk memperkuat kerja sama dengan para mitra, salah satunya Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, dalam bidang pendidikan.    

Komentar